Sekuritas Saham Syariah
Sekuritas Saham Syariah

Sekuritas Saham Syariah

Salah satu keuntungan yang paling tampak dalam sekuritas saham syariah yakni investasi yang dilakukan tidak melanggar syariah. Sebab dalam praktik syariah tersebut perlu menerapkan nilai ketauhidan, keadilan serta nilai lain guna menghindari transaksi yang dilarang agama. Banyak sekuritas terbaik berbasis syariah yang bisa dipilih untuk berinvestasi.

Keuntungan Sekuritas Syariah

Nah, bagi anda yang ingin berivestasi saham maka anda tidak perlu ragu untuk memilih sekuritas syariah. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan saat memilih sekuritas syariah.

1. Mekanisme

Terdapat prinsip syariah yang diperhatikan dalam setiap transaksi investasi syariah, misalnya adil, ridha, tidak ada pihak yang rugi, tidak ada kecurangan serta terhindar dari transaksi yang dilarang agama.

2. Regulasi Hukum

Segala transaksi dan kegiatan saham syariah diawasi, diatur serta dilindungi OJK maupun Fatwa DNS/ MUI. Sehingga anda sudah tidak perlu merasa khawatir untuk berinvestasi saham syariah sebab sudah memiliki regulasi hukum yang sangat jelas.

3. Halal

Bagi perusahaan yang ingin menerbitkan saham syariah perlu melalui proses seleksi untuk menentukan kelayakannya sebagai perusahaan syariah. Pihak OJK serta DSN/MUI memiliki kriteria khusus untuk mengakui kelayakan perusahaan tersebut sesuai POJK nomor 35 Th. 2017 mengenai Kriteria & Penerbitan Daftar Perusahaan Saham Syariah.

4. Investasi Sesuai Ajaran Islam

Selain berharap bisa mendapatkan keuntungan, pastinya kita juga mengharapkan kehalalan dalam transaksi investasi harta. Sebab kita bisa merasa tenang dan nyaman apabila menginvestasikan harga dengan cara yang tepat dan halal.

Apabila kita berinvestasi pada perusahaan syariah, pastinya kita terhindar dari resiko penjualan produk haram sebab salah satu kriteria saham syariah adalah menjual produk halal.

5. Terbebas dari Riba

Pada investasi saham syariah, laba yang diperoleh memakai prinsip bagi hasil bukan menerapkan bunga yang didalamnya terkandung unsur riba. Maka dari itu, bagi anda yang ingin terbebas dari riba dalam berinvestasi, maka anda bisa memilih sekuritas syariah.

Demikian ulasan mengenai keuntungan memilih sekuritas saham syariah yang sebaiknya anda ketahui. Dengan berbagai keuntungan tersebut tentunya anda menjadi semakin yakin untuk memilih sekuritas syariah untuk transaksi investasi saham anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *