4 Perbedaan Sekolah Internasional di Jakarta dengan Sekolah Biasa

Tidak bisa dipungkiri bahwa hampir semua orang tua tentunya ingin memberikan semua yang terbaik bagi putra putri mereka, tidak terkecuali dengan pendidikan. Bahkan banyak orang tua yang berlomba lomba mencari International School Jakarta, dengan harapan buah hati bisa mendapatkan ilmu yang berguna bagi masa depan. Lantas, apa sebenarnya perbedaan sekolah internasional dan nasional ?

school ilustration

Perbedaan Sekolah Internasional dan Nasional

  1. Kurikulum Sekolah

Perbedaan mendasar antara sekolah internasional dan sekolah nasional terletak pada kurikulum yang diterapkan. Untuk sekolah nasional sendiri merupakan lembaga pendidikan baik negeri maupun swasta, yang menerapkan sistem kurikulum nasional yang telah ditetapkan oleh kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dimana aspek yang ditonjolkan pada kurikulum nasional tersebut yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Sementara sekolah internasional umumnya menggunakan kurikulum seperti International Baccalaureate (IB) dan Cambridge Assessment International Education. Yang mana sekolah harus memperoleh sertifikat resmi dari lembaga terkait apabila ingin menerapkan kurikulum tersebut.

Biasanya tenaga pengajar dan fasilitas yang ada juga harus disesuaikan terlebih dahulu apabila ingin menetapkan diri sebagai sekolah berstandar internasional. Salah satu sekolah internasional di Jakarta sendiri yaitu Global Sevilla School, yang berbasis kurikulum Cambridge. Sehingga fasilitas dan tenaga pengajarnya pun sudah dipastikan lulus sertifikasi terlebih dahulu.

 

  1. Bahasa Pengantar

Dengan menyandang standar internasional, sekolah internasional tentunya tidak hanya menggunakan satu bahasa saja sebagai bahasa pengantar dalam pembelajaran. Umumnya KBM akan berlangsung dengan menggunakan bahasa pengantar secara bilingual. Dan bahasa yang dipakai yaitu bahasa Inggris, Mandarin, atau bahasa dari beberapa negara Eropa.

Aspek ini termasuk perbedaan yang cukup mencolok antara sekolah internasional dan nasional. Karena sekolah nasional memang memiliki mata pelajaran bahasa Inggris atau bisa juga bahasa lainnya yang dimasukkan dalam muatan lokal. Akan tetapi, bahasa pengantar yang digunakan tetap bahasa Indonesia sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan.

 

  1. Sistem Pembelajaran

Memiliki perbedaan kurikulum tentunya membuat sistem pembelajaran yang ada di sekolah internasional tidak sama dengan sekolah nasional. Jika di sekolah nasional lebih menitikberatkan pada penjurusan IPA, IPS, atau Bahasa. Maka model penjurusan pada sekolah internasional umumnya lebih fleksibel untuk tingkat pendidikan menengah atas.

Dimana sistem pembelajaran tersebut memberi kesempatan pada siswa untuk memilih mata pelajaran yang diinginkan, guna mengembangkan keterampilan mereka supaya menjadi lebih aktif dan kreatif. Karena sekolah berbasis kurikulum internasional biasanya lebih mengedepankan proses daripada hasil.

 

  1. Fasilitas

Jika melihat dari sekolah internasional di Jakarta, bisa dilihat bahwa fasilitas yang ditawarkan pada lembaga pendidikan dengan taraf internasional memang sangat lengkap dan lebih dari sekolah biasa. Meski ada juga sekolah nasional yang mempunyai fasilitas memadai, akan tetapi masih banyak juga yang menyediakan fasilitas sesuai anggaran pendidikan dari pemerintah saja.

Itulah perbedaan antara sekolah internasional dan sekolah nasional. Sehingga banyak yang berharap dapat menyekolahkan buah hati di lembaga pendidikan berbasis internasional, khususnya bagi anak yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Jika itu yang tengah anda cari saat ini, Global Sevilla School sebagai salah satu sekolah internasional terdepan di Jakarta bisa dijadikan pertimbangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *