Manfaat Bubur untuk Sikecil

Manfaat Bubur untuk Sikecil

Pemberian MPASi (makanan pendamping ASI) memang perlu diperhatikan oleh para orang tua agar anak bisa tercukupi kebutuhan gizi dan nutrisinya. Salah satu pemberian MPASI yang bisa dilakukan oleh ibu adalah bubur. Hal ini karena bubur memiliki tekstur yang lembut dan mudah untuk ditelan. Selain itu, manfaat bubur juga cukup besar. Adapun bubur yang memiliki  manfaat cukup besar adalah bubur organik. Makanan ini berasal dari tumbuhan atau hewan dan tidak mengandung bahan kimia tambahan seperti pengawet, pewarna dan perasa buatan sehingga makanan ini sangat aman bagi kesehatan bayi.

Kandungan dan manfaat bubur

Perlu anda ketahui bahwa pemberian bubur organik untuk sikecil sangatlah baik. Hal itu disebabkan karena pada bubur organik tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang bisa merusak zat-zat penting dalam pangan. Oleh karena itu, kandungan antioksidan yang bisa mencegah peradangan pada anak serta vitamin yang penting untuk masa pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam tanaman organik akan tetap utuh. Beberapa penelitian bahkan telah menemukan setidaknya makanan organik ini memiliki 69 persen antioksidan lebih tinggi jika dibandingkan dengan makanan non organik sedangkan untuk vitamin juga ada 52 persen lebih tinggi.

Manfaat bubur dengan bahan organik juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh anak. Hal itu disebabkan karena kandungan antioksidan yang tinggi sehingga anak akan kebal terhadap paparan radikal bebas dan sistem imun akan meningkat. Seperti yang telah diketahui bahwa sistem imun ini juga memiliki fungsi penting dalam pertahanan tubuh manusia sehingga anak tidak akan rentan terkena serangan virus, kuman, dan bakteri. Hal penting lainnya yang ada pada bubur organik adalah bahwa makanan tersebut lebih sedikit nitrat sehingga tidak akan memberikan efek negatif pada kesehatan manusia.

Manfaat Bubur Instan Sebagai MPASI Bayi

Para orang tua wajib tahu bahwa persyaratan untuk memproduksi MPASI pada bayi telah diatur dalam standar nasional Indonesia sehingga akan jauh lebih aman ketika bayi mengkonsumsinya. Selain makanan pendamping harus higienis dan memenuhi ketentuan yang ada. Salah satu bubur instan yang cukup bagus di Indonesia adalah Cerelac. Kandungan nutrisi yang ada pada bubur instan ini sudah difortifikasi sehingga bayi tidak akan mengalami kekurangan nutrisi. Dengan kata lain, kandungan didalam bubur instan tersebut sudah ditambahkan vitamin dan mineral meskipun tidak setinggi olahan organik.

Meskipun begitu, bubur instan tidak boleh dikonsumsi terlalu sering. Hal itu disebabkan karena bubur instan mengandung pemanis dan garam tambahan sehingga tidak boleh dikonsumsi terlalu sering. Selain itu, makanan ini juga mengandung zat pengawet meskipun memang aman untuk bayi. Dengan begitu, untuk mendapatkan manfaat bubur yang lebih tinggi maka ada baiknya jika bayi mengkonsumsi bubur organik sebagai MPASI mereka.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *