5 Cara Rahasia Membuat Kopi Hitam Tanpa Gula agar Tidak Begitu Pahit

5 Cara Rahasia Membuat Kopi Hitam Tanpa Gula agar Tidak Begitu Pahit

Kopi hitam tanpa gula pasti identik dengan rasa yang pahit. Sehingga banyak yang tidak menyukainya. Namun, di sisi lain, gula yang terdapat pada kopi akan meningkatkan risiko penyakit pada tubuh. Oleh sebab itu, pada artikel ini akan dibahas mengenai 5 cara rahasia membuat kopi hitam tanpa kandungan gula agar tidak pahit.

1. Berikan Tambahan Kayu Manis

Cara pertama untuk membuat kopi hitam tanpa gula adalah dengan memberikan tambahan kayu manis pada bubuk kopi yang telah digiling. Anda cukup memberikan tambahan satu sendok teh dari kayu manis dan campurkan ke dalam bubuk kopi. Cara lain adalah dengan menyimpan biji kopi yang belum digiling dengan beberapa batang kayu manis.

2. Tambahkan Bubuk Kakao

Anda hanya perlu untuk mencampurkan bubuk kakao ke dalam secangkir kopi tanpa gula yang sudah diseduh. Selain memiliki manfaat untuk kesehatan, kopi hitam tanpa kandungan gula tersebut akan memiliki sedikit rasa coklat yang murni dan akan terasa manis walau tidak memiliki kandungan gula di dalamnya.

3. Masukkan Ekstrak Vanila

Agar kopi hitam tanpa kandungan gula yang Anda buat tidak begitu terasa pahit, maka cobalah dengan menggunakan ekstrak vanila yang dimasukkan ke dalam kopi Anda. Ekstrak vanila tidak mengandung kalori dan juga gula sama sekali, sehingga akan cocok untuk Anda yang sedang diet.

Caranya gampang, Anda hanya perlu untuk memasukkan beberapa tetes dari ekstrak vanila ke dalam kopi hitam tanpa kandungan gula. Tambahkanlah tetes per tetes karena dengan campuran sedikit dari ekstrak vanila sudah bisa menambah rasa manis pada kopi hitam tersebut.

4. Giling Kopi dengan Pala

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk membuat kopi hitam tanpa kandungan gula yang tidak begitu terasa pahit adalah dengan menggilingkan biji kopi dengan pala dan juga kayu manis. Pala dengan takaran setengah sendok teh saja dapat membuat kopi terasa manis. Selain itu, Anda bisa mencampurkannya juga dengan kapulaga.

Sebelum digiling, Anda bisa memasukkan kapulaga ke dalam biji kopi serta taburkan pala dan kayu manis agar rasanya lebih manis. Setelah itu, Anda bisa menggilingnya dan mencoba untuk menyeduh kopi tersebut. Rasa yang didapatkan dari campuran biji kopi dengan pala, kayu manis, serta kapulaga tersebut akan terasa sangat nikmat.

5. Giling Bersamaan Serpihan Kelapa yang Ditumbuk

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencampurkan serpihan kelapa yang telah ditumbuk halus ke dalam biji kopi saat sedang dalam proses penggilingan. Untuk membuat secangkir kopi hitam tanpa kandungan gula yang nikmat, maka Anda bisa menambahkan satu sendok teh dari serpihan kelapa tersebut.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai cara membuat kopi hitam tanpa gula agar memiliki rasa yang tidak terlalu pahit, bahkan cenderung ke manis. Konsumsi kopi hitam tanpa gula akan meningkatkan metabolisme dalam tubuh agar kekebalan tubuh semakin kuat. Oleh sebab itu, Anda bisa mengonsumsi kopi hitam tanpa kandungan gula secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *