Pour Over dan Filter Coffe

Pour Over dan Filter Coffe, Apa hubungannya?

Tahukah kamu apa itu filter coffee dan pour over? Tidak sedikit orang yang belum mengetahui akan hal ini, namun ada juga yang sudah mengetahui bahkan sudah tidak asing lagi.

Pour over sebagai sebuah istilah bagi para spesialis penggelut kopi. Sebagai sebuah teknik yang tak hanya digemari oleh seorang barista, tapi teknik ini juga bahkan sangat digemari oleh para penyeduh kopi rumahan. Karena teknik pengolahannya yang manual sehingga tidak menutup kemungkinan adanya suatu pendorong untuk menggeluti hal ini.

Kegiatan menyeduh kopi dengan menggunakan air panas dan menuangkannya kedalam sebuah saringan disebut sebagai teknik pour over. Kain, kertas dan juga metal dapat digunakan sebagai media untuk penyaring kopi pada teknik ini. Hasil saring inilah yang disebut sebagai filter coffee.

Kopi Enak dengan Pour Over

Dapat menghasilkan filter coffee yang bersih tanpa sedikitpun ampas, mejadikan sebuah alasan bagi seseorang memilih metode seduh tuang dengan pour over sebagai andalan. Kopi yang dihasilkan berkat teknik ini banyak disukai oleh setiap orang berkat rasa dan aromanya sendiri.

Metode penuangan yang bisa dikatakan sebagai metode seduh yang serius, menjadikan pour over sebagai sebuah seni bagi pecintanya. Pecinta kopi akan selalu meciptakan dan menginginkan hal yang baru dan variatif agar bisa menimbulkan kebanggaan bagi dirinya sendiri berkat karya yang telah mereka tuangkan.

Berikut ini beberapa hal yang banyak dipertanyakan seputar pour over di kalangan masyarakat.

Sejarah Pour Over

Penemuan paper filter pada awal abad ke 19 menjadi sesuatu yang selalu dikaitakan dengan munculnya metodeo pour over. Awal hilangnya ampas kopi ini berkat penyaringan yang bermula dari seseorang bernama Mellite Bentz yang terusik karena terdapat ampas kopi dalam cangkir kopi miliknya.

Tak hanya itu, semenjak kejadian itu, Mellita bersama suaminya banyak menemukan berbagai macam saringan untuk menghilangkan ampas kopi yang baru, misalnya dripper.

Cara Seduh Manual Pour Over

Berikut ini cara seduh manual dengan menggunakan teknik pour over untuk menghasilkan filter coffee:

  1. Letakkan filter di atas wadah penampung (cangkir).
  2. Bubuhkan kopi di atas filter.
  3. Tuangkan air panas ke ats filter yang telah diberi wadah penampung.
  4. Tunggu larutan kopi menetes kedalam cangkir.
  5. Sajikan kopi sesuai dengan selera jika ingin menambahkan gula maupun krimer.

Macam – Macam Filter Pendukung Metode Pour Over

  1. Filter Chemex
  2. Melitta Oxygen Bleached
  3. Melitta Unbleached Natural
  4. Hario V60
  5. Sock Cloth Filter
  6. Able Kone
  7. Able Disk

Demikian penjelasan singkat mengenai pour over yang perlu ada simak lebih lanjut. Setelah mengetahui teknik pour over, anda bisa menghasilkan secangkir filter coffee yang nikmat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *