Cara Memasang Broadband

Sudah kenal dengan istilah internet broadband ? Merupakan koneksi internet yang biasanya digunakan di rumah, yang mana kecepatan koneksinya terbagi ke setiap perangkat. Untuk menikmati akses internet ini, ketahui terlebih dahulu cara memasang broadband.

Langkah-langkah Memasang Broadband

Broadband memiliki koneksi internet kecepatan yang tinggi sehingga banyak digunakan di rumah ataupun kantor. Namun, untuk terhubung ke dalam jaringan internet broadband, anda harus memasang sistem broadband terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya.

1.      Install dan Daftar Broadband

Langkah pertama untuk menggunakan broadband yaitu melakukan penginstallan broadband dan mendaftarkan diri untuk layanan internet tersebut. Anda bisa menghubungi penyedia jasa internet terdekat untuk memilih jenis layanan broadband yang anda butuhkan.

2.      Memeriksa Paket Broadband

Setelah mendaftarakan diri ke penyedia jasa internet pilihan anda, segera periksa kelengkapan paket broadband yang anda terima. Provider akan memberikan satu paket peralatan broadband dan pastikan tidak ada yang tertinggal.

Adapun peralatan broadband tersebut terdiri dari sebuah modem internet atau router dengan adaptor daya, 1 potong kabel internet dan kabel telepon, 1 unit splitter ADSL dan filter telepon.

3.      Memasang Broadband

Pemasangan broadband dimulai dengan menghubungkan pencabang ADSL dengan telepon rumah, lalu saring cabang teleopon lainnya. Kemudian hubungkan telepon dengan salah satu lubang pencabang ADSL yang berlabel “Tel”.

Selanjutnya, colok ujung kabel telepon satunya lalu hubungkan kembali ke router yang tersedia. Ambil kabel internet dari pakte broadband lalu colok kabel tersebut pada salah satu lubang internet di belakang router.

Setelah itu, ambil ujung lain kabel internet kemudian colok ujung tersebut pada lubang internet di belakang komputer. Biasanya terletak di dekat lubang pengeras suara atau di sepanjang sisi laptop.

Langkah berikutnya yaitu menghubungkan kabel daya dengan router lalu colok kabel pada stopkontak. Kemudian tekan tombol power pada router dan pastikan lampu tersebut berkedip yang menandakan bahwa router sedang dinyalakan.

Terakhir, setelah lampu pada router menyala stabil, anda bisa memanfaatkan jaringan broadband. Buka perangkat laptop atau smartphone anda, masuk ke peramban web dan mulailah menjelajahi jaringan. Pemasangan broadband selesai.

Demikianlah panduan memasang broadband yang mudah dilakukan. Proses pemasangan broadband oleh teknisi biasanya gratis yang disediakan oleh provider internet. Jangan lupa, pilihan internet provider IndiHome untuk dapatkan layanan terbaik ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *