Menerapakan Creating Shared Value sebagai Strategi Bisnis

Menerapakan Creating Shared Value sebagai Strategi Bisnis

Konsep dalam strategi bisnis yang menekankan pentingnya memasukkan masalah dan kebutuhan sosial dalam perancangan strategi perusahaan merupakan pengertian dari Creating Shared Value.

Pengembangan dari konsep tanggung jawab sosial perusahaan adalah dengan adanya konsep menciptakan manfaat bersama ini. Konsep ini didasari pada ide adanya hubungan interdependen antara bisnis dan kesejahteraan sosial.

Penerapan konsep ini awalnya dilihat dari adanya seorang pebisnis yang mengorbankan kesejahteraan sosial demi keuntungan semata. Melakukan proses produksi yang tidak memperhatikan lingkungan atau menciptakan polusi ini sebagai contohnya. Berikut ini ulasan terkait penerapan konsep ini.

Tiga Strategi Bisnis dengan Shared Value

Creating Shared Value sebagai sebuah konsep ini diperkenalkan oleh Porter dan kramer di tahun 2011. Shared value sebagai kebijakan untuk meningkatkan daya saing perusahaan sekaligus kondisi masyarakat.

Didalam tulisan kramer dan porter, konsep ini menjadi sebuah pengembanagn diri yang tak hanya tertuju pada isu sosial masyarakat, namun juga menciptakan nilai ekonomi yang tinggi.

Memulai suatu bisnis banyak hal penting yang perlu disiapkan. Salah satunya bisa dengan menerapakan konsep Creating Shared value . Strategi bisnis merupakan sebuah rancangan keputusan terkait dengan ide maupun aksi yang dilakukan oleh perusahaan untuk mendapatkan target dan tujuan dari sebuah bisnis.

Berikut ini terdapat tiga strategi yang bisa diaplikasikan untuk menerapakan share value.

1.      Reconceiving market & Produk

Memenuhi kebutuhan yang dibutuhkan masyarakat agar mudah diakses seluruh elamen masyarakat menjadi kefokusan sebuah perusahaan. Membuat inovasi produk yang berkualitas tinggi dengan jarga yang terjangkau menjadi salah satu contohnya.

2.      Redefining Productivity in Value chain

Peningkatan produktivitas dengan meminimalkan risiko dan memitigasi permasalahan sosial dan kondisi eksternal. Seluruh pihak, mulai dari sumber daya, infrastruktur logistik, karyawan, juga pemasok harus telibat dalam upaya meningkatkan produktivitas.

3.      Local Cluster Development

Berdirinya sebuah bisnis dipengaruhi oleh kondisi eksternal yang bisa menyebabkan produktivitas, tidak bisa berdiri sendiri. Maka dari itu, pembangunan support system di lingkungan perusahaan sangat diperlukan dengan meningkatkan kemampuan masyarakat, jaminan lisensi operasi, pemasok, dan juga pendukung.

Yang menjadi tujuan utama didirikannya sebuah strategi bisnis adalah agar bisa mengontrol jalannya bisnis melalui analisa pasar, konsumen, kompetitor, dan banyak hal lainnya. Strategi bisnis disetiap perusahaan mampu meyatukan banyaknya departemen agar bisa bekerja sama dalam mewujudkan sebuah  keputussan.

Demikian ulasan mengenai strategi bisnis beserta contoh nya. Strategi bisnis yang berlaku dengan baik bisa menciptakan sebuah perusahaan yang terus mencapai target. Creating shared value ini bisa dijadikan gambaran konsep bisnis yang bisa anda pilih dan kembangkan sebagai strategi. Hal terpenting adalah susunlah strategi sesuai dengan kualitas sumber daya bisnis yang berlaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *