Daftar Produk Reksa Dana Syariah Terbaik Di Indonesia

Daftar Produk Reksa Dana Syariah Terbaik Di Indonesia – Seiring dengan perkembangan zaman, banyak masyarakat di Indonesia yang mulai memahami berbagai produk investasi. Salah satunya adalah reksa dana. Namun sayangnya, tidak sedikit orang yang meragukan kehalalan Produk Reksa Dana Syariah. Reksa dana halal atau tidak masih dianggap abu-abu alias tidak jelas.

Inilah sebabnya mengapa sebagian besar masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam belum menjadikan reksa dana sebagai prioritas dalam berinvestasi. Untungnya, kini ada berbagai produk reksa dana syariah terbaik yang menerapkan prinsip syariah dalam mengelola uangnya. Reksa dana syariah merupakan tempat menghimpun dana masyarakat yang dikelola oleh Manajer Investasi.

Kemudian diinvestasikan pada berbagai instrumen efek seperti saham, jenis obligasi, dan instrumen pasar uang dengan menggunakan ketentuan dan prinsip syariah Islam. Yang dimaksud dengan manajer investasi reksa dana syariah adalah pihak yang bertugas menentukan bagaimana kinerja investasi dan memberikan kepastian atas legalitas dan keamanan suatu produk reksa dana. Ia juga bertugas mengelola dana masyarakat sesuai dengan prinsip syariah.

Proses Cleansing pada Reksadana Syariah

Produk reksa dana syariah tentunya berbeda dengan reksa dana konvensional, karena dalam reksa dana syariah terdapat pembersihan dan pengelolaan uang dari unsur-unsur yang tidak halal. Proses ini disebut pembersihan yang dilakukan oleh DPS atau Dewan Pengawas Syariah.

Dalam proses pembersihan ini, sebagian besar uang atau keuntungan tidak langsung masuk ke pemilik modal tetapi akan diarahkan ke hal-hal lain yang bersifat amal. Sehingga dapat dipastikan reksa dana syariah bebas dari unsur riba, gharar, dan sejenisnya yang menjadikan reksa dana jenis ini legal.

Daftar Produk Reksa Dana Syariah Terbaik Di Indonesia

Bagi Anda yang penasaran dengan produk investasi reksa dana syariah, berikut ini adalah daftar produk reksa dana syariah terbaik yang telah kami rangkum untuk Anda.

1. Reksadana Syariah Mandiri

Salah satu produk reksa dana terbaik adalah Reksadana Syariah Mandiri yang akan memberikan tingkat likuiditas tinggi. Reksa dana ini juga memberikan tingkat pendapatan investasi yang menarik, sehingga akan membuat instrumen pasar di Indonesia semakin berkembang.

Reksa Dana Mandiri Syariah adalah salah satu jenis reksa dana pasar uang yang berdenominasi Rupiah. Dengan minimal pembelian Rp100.000 dan minimal penjualan Rp10.000, simulasi reksa dana syariah Mandiri bisa dilihat dalam jangka pendek.

2. Reksadana Syariah BNI

Produk reksa dana berikutnya adalah Saham Musahamah BNI-AM. Reksa dana ini bertujuan untuk memperoleh nilai tambah investasi yang optimal dengan menginvestasikan uang pada instrumen surat berharga syariah yang bersifat ekuitas serta instrumen pasar uang syariah atau deposito yang ada di Indonesia.

Dengan risiko yang tinggi, maka potensi imbal hasil dari reksa dana syariah terbaik juga tinggi. Reksa dana jenis ini sangat cocok untuk investasi jangka panjang yang memiliki minimal pembelian sekitar Rp 100.000.

3. Reksadana CIMB Syariah

Reksa Dana CIMB Niaga Syariah merupakan reksa dana saham syariah yang bertujuan untuk memaksimalkan potensi keuntungan dalam jangka panjang dengan menempatkan aset pada instrumen saham. Reksa dana syariah terbaik ini direkomendasikan untuk investasi jangka panjang, hal ini di karenakan memiliki risiko yang cukup tinggi. Untuk memulai investasi, Anda hanya perlu mengalokasikan dana sekitar Rp100.000 dan juga dengan tambahan investasi minimal Rp100.000.

4. MNC Dana Syariah

Produk reksa dana berikutnya adalah MNC Dana Syariah. Produk ini dikelola oleh PT MNC Asset Management yang cukup diperhitungkan karena memiliki potensi return yang cukup baik. MNC Dana Syariah berhasil mencetak imbal hasil hingga 4,52 persen dalam 1 tahun dan 19,82 persen dalam 3 tahun.

Bagi Anda yang ingin berinvestasi sesuai dengan prinsip syariah, MNC Dana Syariah menjadi pilihan yang tepat karena bebas dari unsur riba dan gharar. Tujuan dari investasi ini adalah untuk menjaga kestabilan pertumbuhan investasi.

Demikian ulasan artikel tentang daftar Produk Reksa Dana Syariah terbaik di indonesia, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *