resep minuman es tradisional indonesia ini praktis bikinnya di Batubara

 indonesia terkenal menjadi negara tropis menggunakan kelembapan tinggi yg seringkali membuat orang gampang haus & berkeringat. jadi nir heran, aneka minuman dingin banyak bermunculan. bukan hanya bernuansa tablodpagi.com terkini, masih ada pula aneka minuman dingin tradisional yg sudah jadi kekayaan kuliner & hadir sejak berpuluh-puluh tahun lamanya.

 meski jadul, aneka minuman ini masih jadi incaran buat pelepas dahaga hingga ketika ini lho. apa saja? simak daftarnya ini dia.

 siapa yang tak kenal memakai minuman satu ini. es cendol dawet adalah minuman dingin yang gampang ditemui pada aneka macam tempat. akan tetapi kadang, terdapat yang gundah saat membedakan antara cendol atau dawet, nih. padahal, ke 2 minuman ini berdasarkan dari bahan yg sama, meskipun cendol merupakan istilah sunda sedangkan dawet adalah istilah banjarnegara.

 cendol atau dawet dibuat dari tepung hunkwe atau tepung beras, pasta pandan atau sari daun suji, & air. teksturnya elastis & lembut, yg kemudian dicampurkan menggunakan sirup gula merah, santan, & es batu. bahkan terkadang masih ada yang menambahkan potongan nangka menjadi penambah aroma, & mutiara agar semakin menarik. hmm, sedap!

 siapa yg tidak kenal minuman es satu ini? es teler sangat terkenal pada kalangan masyarakat lantaran cita cita rasanya yang memang bikin teler saking enaknya. aneka isiannya contohnya rabat butir alpukat, nangka, kelapa, & cincau yg disiram kuah santan, susu kental manis, dan tambahan es batu. ketika ini, es teler mudah ditemukan dimana-mana, bahkan masih ada yang mengangkatnya menjadi brand restoran.

 nama minuman es yg satu ini terdengar cantik, ya? selain namanya yang manis, kenampakannya pula manis, lho. es selendang mayang asal menurut betawi dan memiliki rasa manis-legit.

 selendang mayang yang berbentuk misalnya camilan cantik lapis ini terbuat berdasarkan tepung sagu & tepung hunkwe yang kemudian diberi aneka warna. cita rasanya kenyal dan sangat pas tersaji memakai saus gula merah & santan.

 beberapa orang betawi sendiri menganggap minuman es satu ini cukup antik, menjadi akibatnya tidak jarang tersaji dalam program-acara tata cara, perkawinan, dan sebagainya.

 coba resep : es selendang mayang

 minuman es berasal makassar ini memang nisbi terkenal. es pisang ijo terbuat menurut pisang jangkamedia.my.id raja yang dilapisi kulit berwarna hijau berdasarkan adonan tepung beras, tepung kanji, santan, & air daun suji. pisang ijo ini disajikan menggunakan bubur sumsum, es, sirup merah, dan susu kental cantik. karena banyaknya komponen yg tersaji, es pisang ijo ini relatif membentuk kenyang, lho.

 5. es lontrong slawi(image: masak.tv)

 es lontrong slawi berasal menurut slawi (tegal) & dianggap lontrong lantaran pada wilayah slawi, minuman es ini dijual pada sebuah gang mini  bernama gang lontrong.

 dalam dasarnya, es lontrong adalah es serut yang diberi isian kacang hijau, cincau, sirup merah, es batu, dan santan. bahkan, nir sporadis dibubuhi kolang-kaling & rabat roti tawar sebagai selera. syahdan es lontrong nir mampu ditemukan dalam lain loka selain kota slawi, lho. wah, siap-siap berlibur ke sana ya!

 anda sukaes campur? nah, terdapat satu lagi jenis minuman es yg seperti, nih. es oyen memakai bahan dasar alpukat & kelapa muda yang lalu disiram kuah susu kental manis & tak lupa es batu.

 bedanya memakai es campur, es oyen memakai cincau & pacar cina sehingga terlihat berwarna-warni pada balikgelas kaca. hmm, bikin ngiler ya? selain bahan-bahan pada atas, es oyen jua tak sporadis ditambahkan tapai singkong, nangka, kolang-kaling, & sirup merah.

 jalan-jalan ke wilayah jawa tengah, cita rasanya tidak lengkap jika belum coba es gempol pleret. minuman es ini memiliki 2 isian yang ikonik, yakni gempol & pleret. gempol & pleret dibentuk berdasarkan tepung beras, tapioka, & air yg dicampur menjadi satu campuran. nantinya, adonan ini diambil sedikit lalu dibulatkan (digempol) & sebagian lagi dipipihkan (dipleret).