Cara mengamankan Rekening Bank

Di era modern ini sangat penting untuk menjaga keamanan rekening bank digital, karena penggunaan mesin EDC ataupun transaksi finansial melalui jaringan internet sudah  merupakan hal yang tidak asing lagi bagi para nasabah.

Dibalik adanya kemajuan teknologi finansial yang begitu pesat saat ini ada banyak sekali risiko, karena sudah banyak pengguna teknologi finansial yang menjadi korban kejahatan. Dan banyak juga dari nasabah yang enggan melakukan transaksi daring.

Modus Kejahatan Dalam Transaksi Digital

Saat ini tengah viral atau sudah banyak sekali modus yang biasa dilakukan oleh para peretas saat mereka melakukan kejahatan di dunia maya. Salah satu contoh yang paling populer saat ini adalah menggunakan teknik social engineering.

Dengan adanya teknik tersebut para maka peretas melakukan manipulasi interaksi sosial sehingga nasabah tidak sadar telah memberikan informasi krusial kepada pelaku. Dan ada modus lain yang kerap dilakukan pelaku adalah menggunakan metode phising.

Pada umumnya pelaku biasa menggunakan media komunikasi seperti sosmed, telepon, SMS hingga email untuk meminta informasi data sensitif dari korban. Misalnya seperti data kartu debit, kartu kredit, atau bahkan kata sandi.

Pada beberapa kasus yang sering terjadi, pelaku phising juga sering melakukan penipuan dengan mengaku sebagai representative dari jasa keuangan atau relasi nasabah dan mereka biasanya menawarkan bantuan dana, hadiah undian, dan masih banyak modus lainnya.

Cara mengamankan rekening Bank Digital

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga keamanan rekening digital karena kita tidak tahu kapan para peretas mengincar akun finansial yang kita miliki. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengamankan rekening bank digital adalah dengan cara sebagai berikut ini:

  1. Jangan pernah memberikan informasi apapun kepada orang lain contohnya  data rekening bank digital yang harus dirahasiakan termasuk PIN dari kartu kredit dan kartu debit Anda.

  2. Ganti password secara rutin supaya password sulit diretas dengan menggunakan kombinasi angka dan huruf. Dan jangan pernah menggunakan password tanggal lahir maupun informasi pribadi lainnya sebagai password.

  3. Jangan klik tautan yang tidak dikenal karena tautan atau link seperti ini  merupakan metode phising yang lumrah terjadi. Itulah sebabnya, jangan sembarangan mengakses link jika terlihat mencurigakan.

  4. Jangan login di perangkat orang lain karena akan beresiko munculnya peretasan dan cukup melakukan transaksi finansial hanya pada tempat dan perangkat yang aman. Hal ini akan jauh lebih baik.

Pastikan untuk melakukan semua cara di atas agar terhindar dari berbagai risiko peretasan yang bisa terjadi kapan saja. Jadi untuk rekening bank digital Anda akan tetap aman dan jauh dari risiko peretasan bila anda mengikuti cara di atas.